Minggu, 24 November 2019

Aksi Hari Pohon Sedunia 2019 Permata Depok


Oleh: Madya Harmeka L, S.Pd.I


‌Dalam rangka memperingati hari pohon sedunia, diselenggarakan aksi spontan menanam pohon dan membuat lubang biopori di Komplek Perumahan Permata Depok. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Komunitas Tangan Peduli Lingkungan (TaPe uLi), Permata Depok Berkebun (PerDep Berkebun), PKK RT-RW 007, dan warga serta Pengurus RT-RW 007. Kegiatan ini meliputi aksi spontan membuat lubang-lubang biopori dan menanam sejumlah pohon di rumah, sekolah, taman, kebun dan lahan kosong yang ada disekitar Permata Depok.  Kegiatan ini juga disaksikan oleh Lurah Pondok Jaya, Mulyadi.

Aksi spontan ini merupakan sebuah aksi simbolis sebagai sebuah langkah awal agar kegiatan ini dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan oleh semua warga dengan melakukan aksi yang sama.

‌Agenda aksi yang dicanangkan ada 3 (tiga) yaitu membiasakan budaya minim sampah, menabung air (1 rumah minimal 7 lubang biopori/1 sumur resapan), dan menanam  pohon (1 rumah minimal 10 pohon).
Budaya minim sampah selama ini sudah mulai diterapkan dan dibiasakan dalam keseharian dan acara pertemuan warga, seperti arisan, pengajian, rapat, dan kegiatan-kegiatan lain yang ada di lingkungan Permata Depok.

Tahap selanjutnya adalah membiasakan budaya menabung air dan menanam pohon yang diterapkan disetiap rumah tangga.

‌Pohon dan air adalah dua unsur alam yang sangat penting buat makhluk hidup utamanya kita manusia.  Pohon dan air merupakan sumber kehidupan. Pohon memberikan kebutuhan oksigen untuk kita bernafas, karena kita hidup butuh bernafas. Begitupula dengan air, kita tak dapat hidup tanpa air karena tubuh kita mayoritas adalan air/cairan. Oleh karena itu kita semua harus benar-benar peduli,  sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai pemimpin di dunia ini.  Agenda menjaga kelestarian alam, pohon dan air adalah agenda besar yang sangat penting agar kita segera lakukan hari ini juga untuk esok dan generasi kita yang akan datang.

‌Koordinator Perdep Berkebun, Kusnadi menyampaikan agar kegiatan ini dapat dibuat sebagai sebuah seruan kesemua warga, melalui RT masing-masing agar dapat sukses berjalan. Hal senada juga disampaikan Mamas selaku Ketua Posyandu Strawberry.  Sementara Heriyah, tim PokTan 3  PKK RW 007, mengatakan bahwa ketika aksi kegiatan peduli lingkungan  semacam ini dapat terus dilakukan bersama-sama, insyaa Allah akan bertambah semangat untuk terus berbuat untuk lingkungan.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar