Senin, 21 Desember 2015

Selayang Pandang Komunitas TaPe uLi



Komunitas Tangan Peduli Lingkungan (disingkat TaPe uLi) lahir pada 21 Februari 2013 sebagai wadah berkumpulnya masyarakat yang peduli terhadap permasalahan lingkungan, khususnya pengelolaan sampah.  

Misi yang diusung adalah penyelamatan bumi dengan program pengelolaan sampah yang dimulai dari level terkecil yaitu rumah tangga.  Program-program yang digagas antara lain Bank Sampah, pengelolaan sampah organik, pengembangan produk kreatifitas dari daur ulang sampah, edukasi tentang lingkungan, pengembangan kawasan peduli lingkungan, dan sebagainya.

Awal kiprah Komunitas ditandai dengan beroperasinya Bank Sampah di 5 (lima) titik wilayah Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat.  Bank Sampah merupakan program masyarakat mandiri dalam menyelesaikan persoalan pengelolaan sampah di lingkungannya, khususnya sampah non organik yang masih dapat didaur ulang.   Bank Sampah memberi fasilitas pelayanan kepada masyarakat dalam pemanfaatan sampah menjadi sesuatu yang bernilai. 

Program Bank Sampah mendapat sambutan yang baik di tengah-tengah masyarakat, karena selain memberi manfaat lingkungan menjadi bersih, juga dapat menambah penghasilan.  Hal ini dapat dilihat dengan berkembangnya Bank Sampah hingga mencapai 60 titik/gerai, dengan total nasabah mencapai lebih dari 5.000 yang tersebar di Kota Depok.  Bank Sampah memberikan fasilitas pengelolaan sampah yang dipilah menjadi sampah organik, sampah non organik, dan sampah residu.  Pada setiap titik Bank Sampah juga dikembangkan produk-produk kreatifitas dari daur ulang sampah (ecocraft).   Produk ecocraft ini telah sering diikutsertakan pada berbagai event pameran yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Depok.

Komunitas “TaPe uLi” mengajak siapapun yang peduli lingkungan untuk merapatkan barisan dan meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian bumi ini.  

Reaksi:

1 komentar:

  1. Ingin Bwrgabung menjadi bagian tape uli di daerah saya bagaimana caranya, terimakasih
    Yahya
    085714353696

    BalasHapus