Kamis, 18 Februari 2016

Makna Hari Peduli Sampah Nasional

Oleh :  Madya Harmeka L, S.PdI
(Ketua Komunitas Tangan Peduli Lingkungan)

Tanggal 21 Februari telah ditetapkan sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Penetapan Hari Peduli Sampah Nasional merupakan peringatan atas terjadinya tragedi longsor sampah di daerah Leuwigajah, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari 2005.  Penyebab longsor tersebut, diduga karena curah hujan yang sangat tinggi dan ledakan gas metana (CH4) yang berasal dari timbunan sampah di daerah tersebut. Akibat kejadian itu lebih dari 150 jiwa menjadi korban, dimana mayoritas korban merupakan penduduk di sekitar TPA yang bekerja sebagai pemulung. (http://www.menlh.go.id)

Setiap tahun di seluruh kota di Indonesia digelar kegiatan dalam rangka memperingati tragedi longsor tersebut.  Peringatan ini dilakukan untuk membangun komitmen bersama agar masyarakat tidak melakukan pengelolaan sampah yang kurang baik dan tidak berwawasan lingkungan sehingga tragedi mengerikan tersebut tidak terulang lagi.
Gambar 1 Gunung Sampah Dapat Menjadi Sumber Bencana

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional sangat penting artinya bagi kita.  Hal ini dikarenakan Indonesia sekarang sudah darurat sampah.  Menurut siaran pers Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tiap tahunnya, kota-kota di dunia menghasilkan sampah hingga 1,3 miliar ton. Bahkan Bank Dunia memperkirakan pada tahun 2025, jumlah ini bertambah hingga 2,2 milir ton. Indonesia sekarang menduduki peringkat kedua di dunia sebagai penghasil sampah plastik ke laut setelah Tiongkok. 
Gambar 2 Perilaku Negatif Membuang Sampah Sembarangan

Hendaknya peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tanggal 21 Februari yang akan datang ini menjadi langkah awal untuk mengubah perilaku masyarakat dalam menangani sampah.  Berbagai cara dapat digagas untuk mendorong perilaku positif terhadap sampah misalnya :
- Sosialisasi cara penanganan sampah yang baik
- Gerakan massal untuk membersihkan lingkungan
- Pelatihan daur ulang produk kreatifitas dari bahan sampah
- Gerakan penghijauan lingkungan
- Pembentukan kader lingkungan
- Deklarasi komitmen untuk menyelamatkan bumi
- Apresiasi kepada individu, kelompok masyarakat, dan institusi yang peduli lingkungan, dll.
Gambar 3 Sosialisasi Penanganan Sampah oleh
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok


Mari kita sambut Hari Peduli Sampah Nasional 2016 sebagai langkah menuju Indonesia yang lebih baik. 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar