Rabu, 15 Maret 2017

Komunitas TaPeuLi Muda dalam Aksi HPSN 2017



Oleh : Eka Putri Juniarti, S.Sos.I

Komunitas TaPeuLi Muda kembali menggelar event 3G (Go Green Generation) dalam rangka rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017.

Event yang diselenggarakan  pada hari Ahad, 12 Maret 2017 ini mengusung tema "Semangat dalam Kebersamaan, Cinta, dan Peduli Lingkungan".

Dalam event ini terdapat berbagai rangkaian kegiatan, di antaranya: aksi pungut sampah, senam bersama, pelatihan membuat gantungan kunci, launching Taman Baca 3G, serta pemberian tanaman hias dan papan pesan moral lingkungan kepada ketua RW 07 Permata Depok Kel. Pondok Jaya Kec. Cipayung Kota Depok.


Yang unik pada event ini, ketika anak-anak disuguhkan sarapan pagi berupa nasi bakar. Makanan harus dimakan habis kemudian sampahnya langsung dipilah. Dari sebungkus nasi bakar saja peserta diedukasi dengan penggolongan 3 jenis sampah. Bungkus nasi bakar berupa daun masuk jenis sampah organik, tusuk nasi bakar dan kardus makanan masuk jenis sampah anorganik, tisu bekas makan masuk jenis sampah residu. Jadi dari satu macam makanan ada 3 jenis sampah yang kita hasilkan.

Event ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari remaja, ibu, ayah, dan anak-anak. Turut hadir juga ketua RW 07 dan beberapa ketua RT di lingkungan Permata Depok serta para tokoh masyarakat.


"Ini kegiatan positif. Insya Allah tahun depan akan dibuat saung-saung di sekitar Danau Permata sehingga nanti bisa buka taman bacaan di tepi danau," ucap Pak Ketua RW 07 disela sambutannya.

Kesan menarik juga disampaikan oleh para peserta kegiatan.
"Seru! Lumayan, jadi lebih kenal pengelompokan sampah," kesan Nada Hanifah, 13th.

"Acaranya menarik, baru pertama kali (ikut acara semacam ini) sebelumnya belum pernah. Ternyata acaranya menyenangkan, dan bisa buat lingkungan jadi bersih dan nyaman," komentar Yasmin, 12th peserta dari SDIT Mawaddah.

"Sering-sering ya adain kegiatan seperti ini," demikian kata Elsa, 12th selaku peserta kegiatan 3G.


















Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar