Selasa, 21 Maret 2017

Penganugerahan TaPe uLi Award 2017 untuk Bank Sampah


Oleh:  Madya Harmeka L, S.Pd.I (Ketua Komunitas TaPe uLi)

Komunitas Tangan Peduli Lingkungan  menggelar satu kegiatan lagi yang merupakan rangkaian akhir dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 sekaligus juga dalam rangka Milad Komunitas TaPe uLi yang ke-4 Tahun.  Kegiatan ini diselenggarakan di lokasi wisata D'Kandank Farm, Pasir Putih Sawangan Depok.

Kegiatan dikemas dengan nama Jalan-Jalan Komunitas (JJK) TaPe uLi 2017.  Dalam acara ini hadir undangan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ketua Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), dan Tokoh-tokoh masyarakat, selain juga tentunya para penggiat/pengurus Bank Sampah yang ada di Kecamatan Cipayung Kota Depok.

Kegiatan yang bertemakan "Semangat dalam Kebersamaan, Cinta dan Peduli Lingkungan"ini  dimulai jam 7 pagi. Acara diawali dengan senam bersama, kemudian dilanjutkan dengan permainan kelompok dan pelatihan menanam.
Peserta nampak antusias mengikuti acara demi acara.  "Alhamdulillah kita nambah ilmu lagi, terima kasih TaPe uLi..." demikian kesan yang disampaikan Ibu Rohayah, Bank Sampah Cipayung Hijau 1, setelah mengikuti pelatihan menanam.
Tepat pada pukul 10.00, digelar puncak rangkaian acara, yaitu, "Penganugerahan TaPe uLi Award 2017", yang diberikan kepada Bank Sampah dengan beberapa kategori penilaian, sebagai berikut:

1.Peraih Terbaik, untuk Kategori "Pelopor"
-Bank Sampah Matahari, Pondok Jaya.
-Bank Sampah Tulip 1, Pondok Jaya.
-Bank Sampah Cipayung Hijau 1, Cipayung.

2.Peraih Terbaik, untuk Kategori "Administrasi dan Management Keuangan."
Bank Sampah Rubi 3, Ratu Jaya.

3.Peraih Terbaik, untuk Kategori "Inovasi Pengembangan Program dan Partisipasi Masyarakat."
Bank Sampah Diamond 1, Ratu Jaya.

4.Peraih Terbaik, untuk Kategori "Inovasi Produk Daur Ulang
Bank Sampah Pucuk Merah, Pondok Jaya.

5. Peraih Terbaik, untuk Kategori "Volume dan Omzet Terbesar"
Bank Sampah Dahlia, Pondok Jaya.

6. Peraih Terbaik, untuk Kategori "Sekolah"
Bank Sampah SDIT Al Fatih, Ratu Jaya.

Pemberian Penghargaan/Award ini, selain merupakan salah satu program penting Komunitas TaPe uLi, juga merupakan upaya memberi apresiasi atas kerja keras pengurus Bank Sampah. Tujuannya agar program ini dapat terus konsisten berjalan dan berinovasi. Harapan yang terpenting tentunya semoga event ini dapat juga lebih memotivasi dan menginspirasi siapapun yang tinggal di bumi ini untuk lebih peduli pada lingkungan.  Hal senada juga disampaikan Kepala Bidang Kebersihan dan kemitraan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok, H Kusumo, S.Sos.  M.M., disela sambutannya.


Rasa haru dan senang nampak terlihat dari Ibu-ibu penerima TaPe uLi Award 2017 ini.  Pengurus BS di komunitas ini pun sepakat untuk bisa berbagi ilmu kepada sesama pengurus BS yang lain tentang bagaimana pengelolaan BS berikut keunikan dan keunggulan yang dimilikinya.  Semoga kedepan bisa diagendakan program tersebut diwaktu mendatang, dan semua Bank Sampah dapat maju, tumbuh dan berkembang bersama-sama, demikian harapan yang disampaikan Ketua Komunitas dalam sambutannya.

"Event Award tahun ini merupakan kesempatan pertama yang di gelar oleh komunitas TaPe uLi, insyaa Allah akan ada event serupa diwaktu selanjutnya, karena sesungguhnya semua yang terlibat dalam program ini berhak mendapat apresiasi atas apa yang diperjuangkan," demikian Ketua Komunitas menambahkan.

Acara ditutup dengan Pemberian hadiah aksi spontan 21 feb 2017, dan do'a yang dibawakan oleh tokoh masyarakat Ust Nanang Bukhari, makan siang serta berfoto bersama.







Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar